herewebuy.org

Berbagi Informasi Tentang Kesehatan
Ini 5 Fakta Unik Kimchi, Makanan Sehat dan Favorit Orang Korea

Ini 5 Fakta Unik Kimchi, Makanan Sehat dan Favorit Orang Korea

Liburan ke Korea tidak lengkap rasanya sekiranya belum mencicipi kimchi. Makanan tradisional ini adalah makanan wajib orang Korea, yang bersifat asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat berasal dari krill (udang rebon), kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah.

Salah satu ciri khas berasal dari makanan ini adalah rasanya yang asam. Uniknya, meski rasanya asam, orang Korea tidak sanggup lepas berasal dari kimchi. Tidak heran kimchi sering nampak di acara televisi maupun serial drama Korea sehingga menggugah selera makan kita.

Ini 5 Fakta Unik Kimchi, Makanan Sehat dan Favorit Orang Korea
Ini 5 Fakta Unik Kimchi, Makanan Sehat dan Favorit Orang Korea

Kimchi begitu dicintai orang Korea, sampai-sampai punya tanggal spesial. Setiap tanggal 22 November, orang Korea terutama Korea Selatan merayakan ‘Kimchi Day’. Menurut penelitian lokal, kimchi yang dibuat pada tanggal ini punya rasa yang lebih lezat.

Di balik keunikan kimchi, ternyata makanan ini termasuk punya keunikan yang jadi sejarah tersendiri bagi orang Korea. Apa saja? Berikut kesimpulan berasal dari beraneka sumber.

Kimchi Awalnya Berwarna Putih, Bukan Merah

Setiap tanggal 22 November, Google ikut menyemarakkan perayaan Kimchi Day melalui Google Doodles. Google menyebut bahwa kimchi pertama kali ditemukan di Korea kurang lebih 2.600-3.000 tahun yang lalu.

Saat itu, kimchi dihidangkan tanpa bubuk cabai sehingga kimchi hanya punya warna putih saja. Namun semenjak bangsa Portugis memperkenalkan bubuk cabai pada abad ke-18, masyarakat Korea jadi pakai bubuk cabai untuk mengakibatkan kimchi.

Kimchi Dibuat Sebagai Makanan Cadangan di Musim Dingin

Makanan yang pernah diucapkan sebagai ‘chim-chae’ yang bermakna ‘sayuran’ ini dibuat sebagai makanan cadangan masyarakat Korea di musim dingin. Korea adalah negara dengan empat musim. Saat musim dingin, tanaman di sana tidak tumbuh. Penduduk Korea pun kekurangan pasokan makanan, terutama ulang pernah masyarakat Korea tidak punya lemari pendingin.

Kimchi dipilih jadi makanan cadangan gara-gara sanggup bertahan sampai berbulan-bulan di bawah tanah dengan pakai onggi (pot tanah liat). Tanah baru digali kala musim dingin tiba sehingga kimchi sanggup dimakan dengan keluarga. Namun kini seiring pesatnya teknologi, orang Korea apalagi menciptakan kulkas khusus untuk menaruh kimchi saja.

Ada lebih berasal dari 187 Jenis Kimchi dan Disesuaikan dengan Musim

Kini, kimchi tak hanya disantap untuk musim dingin. Penduduk Korea menyantap kimchi setiap hari sebagai pelengkap makanan. Menariknya lagi, gara-gara tersedia beraneka resep daerah, tersedia ratusan model kimchi yang berbeda. Saat ini tercatat tersedia lebih berasal dari 187 model kimchi di dunia. Tak hanya terbuat berasal dari sawi putih, tapi termasuk terbuat berasal dari lobak dan model sayuran lainnya.

Menariknya lagi, pas musim berganti, kimchi yang dimakan pun berbeda. Misalnya pas musim semi, masyarakat Korea mengonsumsi pa kimchi atau kimchi bawang. Lalu pas musim panas tiba, kimchi yang dikonsumsi adalah oi sobaga atau kimchi mentimun. Saat musim gugur dan dingin, kimchi lobak yang jadi favorit orang Korea.

Kimchi Punya Segudang Manfaat

Menurut majalah Health Magazine, kimchi adalah keliru satu berasal dari lima makanan tersehat di dunia. Kimchi memiliki kandungan probiotik, terutama lactobacilli yang berkhasiat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh.

Bumbu cabai yang digunakan untuk mengakibatkan kimchi termasuk kaya bakal nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C yang berfungsi untuk menahan kanker. Kaya dengan vitamin, kimchi termasuk membantu pencernaan. Tak heran, kimchi jadi keliru satu warisan budaya tak benda oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Selain Nasi, Kimchi Juga Cocok ‘Disulap’ Jadi Hidangan Lezat

Kimchi memang makanan yang luar biasa. Pasalnya tak sekedar sanggup jadi makanan utama — disantap bareng nasi — kimchi termasuk sanggup dijadikan sebagai bahan utama untuk diolah jadi beraneka hidangan yang lezat. Di Korea sendiri, tersedia beraneka enam olahan kimchi yang populer di antaranya kimchi bokkeumbap atau nasi goreng kimchi, kimchi jjigae dengan sebutan lain sup pedas khas Korea, kimchijeon atau pancake kimchi, sup kimchi, kimchi mandu (pangsit kimchi), dan kimchi ramen — mi instan korea yang dicampur dengan kimchi. Enam olahan serba kimchi ini tak hanya enak tapi termasuk menyehatkan dan menyegarkan.

Saking sukanya dengan kimchi, didalam satu tahun orang Korea sanggup mengonsumsi kimchi 18 kg. Kepopuleran kimchi apalagi udah menggema sampai ke semua dunia. Bahkan, beberapa restoran Korea di dunia, termasuk Indonesia, pakai nama kimchi sebagai nama restoran mereka.

Tingginya minat masyarakat Indonesia pada makanan Korea jadi keliru satu stimulan Korea Argo Fisheries and Food Trade Corp untuk mengimpor produk makanan berkwalitas asli Korea seperti kimchi, omija, ginseng merah, stroberi, sampai jamur. Diharapkan, masyarakat Indonesia sanggup menikmati produk makanan berkwalitas asli Korea dan sanggup dijadikan pilihan didalam mengembangkan usaha kuliner khas Korea.

Influencer asal Indonesia Michimomo dan Anakondo apalagi diajak oleh aT untuk memperkenalkan kimchi kepada masyarakat Indonesia yang videonya sanggup ditonton setiap hari Jumat di YouTube channel Taste of Love K-Food.

Menariknya, kini, masyarakat Indonesia termasuk lebih ringan beroleh produk kimchi untuk diproduksi sehari-hari seperti Jongga produk kimchi yang populer di Korea Selatan.

Leave a Reply