herewebuy.org

Berbagi Informasi Tentang Kesehatan
5 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak

Tidak semua anak-anak mudah dan terbiasa tidur siang. Kadang-kadang mereka perlu berjuang untuk melakukannya. Selain istirahat, tidur siang dilakukan untuk mengembalikan energi setelah seharian. Berikut di bawah ini adalah manfaat yang diberikan ketika anak-anak tidur siang:

1. Merangsang tubuh pertumbuhan lebih optimal

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang secara teratur tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak ingin tidur siang. Mengapa? Karena hormon pertumbuhan atau yang disebut hormon manusia-pertumbuhan (h-Gh) lebih aktif dalam aliran darah ketika tidur siang anak.

5 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak
5 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak

Hormon pertumbuhan diproduksi oleh otak dan sistem hormonal lainnya. Dengan sistem ini, pertumbuhan tubuh anak seperti tinggi dan kecerdasan dapat didukung secara maksimal. Itulah sebabnya tidur siang direkomendasikan oleh dokter untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak dapat dimaksimalkan.

2. Meningkatkan daya tangkap si kecil

Untuk anak usia satu tahun, dengan tidur siang secara teratur juga dapat membantu meningkatkan memancing mereka. Meningkatkan daya capture bisa dilihat dari cara dia memproses informasi dan mengaplikasiannya. Apa yang dia diterima baru-baru ini diakui diserap dengan baik sehingga anak semakin cerdas.

Sebagai contoh, ketika Anda mulai untuk memperkenalkan berbagai bentuk atau warna. Ketika otak anak lelah, dia pasti tidak akan cepat dalam menangkap informasi yang diperoleh. Ini adalah apa yang harus perhatian Anda, sehingga proses pembelajaran sangat menyenangkan.

3. Menjaga anak terus suasana hati senang

Anak-anak berusia di bawah lima tahun adalah ketika anak-anak sangat aktif dan suka tidak lelah. Tapi itu tidak berarti kelelahan tidak mendekati anak-anak ya. Fakta balita tidur siang kurang, cenderung memiliki peningkatan risiko stres. Dan dampak jangka panjang adalah bahwa dia akan dengan mudah rewel dan mudah marah.

Selain itu, kondisi tubuh anak juga bisa mempengaruhi suasana hati mereka. Anak-anak yang sehat dan bugar cenderung lebih bahagia daripada anak-anak yang tidak dalam kondisi fit. Akan yang menjaga tubuh anak dengan secara teratur tidur siang tanpa harus menunggu dia lelah. Dengan gaya hidup sehat dan kurang istirahat, selain fisik yang sehat, kesehatan mental anak-anak juga akan dipertahankan.

4. Membantu untuk menyehatkan tubuh dan otak anak

Beberapa studi menunjukkan anak dengan usia anak-anak membutuhkan waktu sekitar 12-14 jam sehari untuk beristirahat. Usia balita adalah waktu anak banyak-banyak belajar hal baru. Pada saat ini akan membutuhkan banyak energi karena tidak hanya tubuh, tetapi otot-otot, otak dan semua organ juga bekerja.

Dengan tidur siang, Anda membantu anak Anda untuk beristirahat dengan tubuhnyan maksimal. Jadi, ketika Anda bangun, anak-anak merasa lebih segar dan mampu untuk mendapatkan kembali bergerak.

5. Meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak

Ketika anak-anak memiliki kondis tubuh yang sehat dan selalu merasa bahagia, juga akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Anak-anak yang memiliki kepercayaan diri untuk menjadi lebih mudah untuk belajar sesuatu. Misalnya, berani bertanya dan aktif dalam pergaulan.

Leave a Reply